Puasa pertama….

…tanpa ART. Iya, tahun ini adalah tahun pertama kami berpuasa tanpa ada ART. Rasanya? Ehm, mari dibayangkan saja….

  1. Bangun jam 03.00 pagi buat masak nasi. Biasanya sih nyuri kesempatan buat tidur lagi sekitar 40 menitan sebelum bangun di jam 04 kurang dikit (Ya ALLAH, itungan bener deh sama waktu kalo lagi jam sahur ginihhh) trus goreng-goreng lauk buat temen makan nasi (alhamdulillah, dikasih suami se-pengertian Baginda Raja yang nyaris nggak pernah complain dikasih makanan APA AJA asal bukan batu dan nyaris nggak pernah nuntut pengen sahur pake apa, ato pengen sahur sama ini, sama itu, endesbre, endesbre)
  2. Sahur dengan tenang, sampe imsak duduk di meja makan berdua saja dengan suami, setelah tahun-tahun sebelumnya selalu ber-3 sama ART. Rasanya? Tenang, nyaman, dan percayalah, ternyata obrolan ringan pas makan sahur itu, menyenangkan. Tahu ya, kalo ada ART kan gak semua topik pembicaraan bisa dibahas. Musti pilah pilih gitu, kan?
  3. Adzan Shubuh Baginda Raja ke mesjid, saya sholat di rumah (sambil berdo’a semoga si bontot nggak bangun dulu), trus beresin bekas makan sahur tadi, trus buru-buru ke atas buat nyuci. (ini masih terus doa kenceng supaya si peminum ASI itu nggak bangun dulu…)
  4. Selesai nyuci biasanya jam setengah 6-an. Eh ya, prinsip terpenting hidup tanpa ART (apalagi hidup dengan 3 krucils) adalah: JANGAN PERNAH sekalipun, sekali lagi, JANGAN PERNAH sekalipun numpuk pakaian kotor. Jadi, pakaian kotor hari ini, ya musti dicuci semua hari ini juga. Daaannn… satu lagi, JANGAN PERNAH sekalipun numpuk setrikaan. Cucian yang kering hari ini, ya musti disetrika hari ini juga. Kalo nggak, belum apa-apa muka pasti nyureng liat tumpukan cucian yang segunung dan itu, Sodara adalah awal kekalahan, karena pasti nurunin semangat cuci-setrika. There, udah saya kasih tips terbesar hidup saya setahun belakangan ini. #apaan, sik?πŸ˜€
  5. Sambil manasin air buat mandi, (iya, kami nggak punya water heater, trus kenapa, hah?πŸ™‚ ) biasanya saya sapu-sapu rumah ala coboy (nggak bersih-bersih amat, lah. Yang penting kecium sapu itu lantai rumah). Habis itu biasanya bikin sarapan buat A3. Menunya tentu saja yang praktis-praktis: telor dadar, nugget, mie goreng, ato kadang cuma roti bakar. Yang penting mereka ada yang dikunyah di jalan, deh. Ini resiko punya rumah di pinggiran Bandung, dimana paling telat jam 06.15 teng kita musti udah cabut (Ya ALLAH, ini kode buatMU,ya. Siapa tahu KAU meluluskan harapan kami biar bisa beli rumah di buahbatu regency sana. #doa apa pasrah sih, nih?#)
  6. Jam 06 teng segera mandiin si nomer 1, makein baju, de-el-el, kadang si tengah dan si bontot ikutan mandi juga, yang mana akan menambah durasi per-mandi-an itu, dan akibatnya emaknya harus ekstra ngebut mandi, pake baju, (duh, mana bisa cantik kalo cuma tersisa waktu 2-3 menit buat pake hijab, coba? ) dan.. off we go…!
  7. Selama bulan ramadhan si sulung masuk jam 8, jadi biasanya kami ke kantor saya dulu, absen, trus ke kantor Baginda Raja, absen, trus nge-drop si nomer 2 dan nomer 3 ke daycare (yang selama ramadhan buka jam 07.30, tutup jam 04 sore~enak di mereka nggak enak di kita~) baru deh nganter si sulung ke Alcent. Kebantu banget sama jalanan di bulan puasa ini yang kalo pagi-pagi relatif sepiiiiiii, (walopun di jam pulang itu macetos parah dimana-mana, dan akibatnya Adzan Maghrib baruΒ  sampe gerbang komplek. Ya ALLAH, ini kode buatMU lagi, yaaaa…πŸ™‚ )Β  jadi jam 07.45 wib biasanya udah bisa nangkring di meja kantor dan terkantuk-kantuk kerja.
  8. Sampe rumah seringnya udah adzan maghrib, buka puasa pasti makan kolek pisang+kolang kaling hasil hunting di jalan (ini menu wajib buat saya kalo ramadhan). Kalo Baginda Raja wajib makan kurma sama teh manis anget. Seru, buka puasa dengan 3 krucils yang begitu sampe rumah langsung ada yang minta pipis *lirik si tengah*, ada yang minta makan es cendol *lirik si sulung* dan.. ada yang minta mimi’ ASI *pelototin sayang si bontot*πŸ˜€
  9. Selesai melampiaskan hasrat yang terpendam seharian itu (baca: minum dan makan kolek pisang), saya bongkar-bongkar tas-nya A3: keluarin baju dan tupperware kotor, trus masak air mandi (iya, iya.. saya kan udah bilang kami nggak punya water heater. Trus kenapa? Masalah buat EL..?πŸ™‚ ) trus sholat Maghrib. Kalo masih keburu, biasanya Baginda Raja sholat ke mesjid sambil bawa A3. Lumayan, emaknya bisa mandi dengan tenang..πŸ™‚
  10. Habis sholat Maghrib dan mandiin si sulung, baru deh nyikat menu makan malem hasil (lagi-lagi) hunting di jalan sebelum pulang. Ya ALLAH, kebayang aja kalo saya musti masak dulu buat makan malem. Keburu tepar, kaliiiii…!
  11. Makan malem alias buka puasa ini juga seru, soalnya adaaaaa aja yang ‘ganggu’. Ada yang minta makan disuapin, lah *lirik si nomer 1* ada yang ngajak ngobrol ini itu, lah *lirik si nomer 2* dannnnn… ada juga yang minta mimi’ ASI…! *pelototin sayang lagi si nomer 3*πŸ™‚ Serrrruuuuu, dehhhh…! (ini nggak jelas sih, seru yang positif apa yang negatif. Hihihi…)
  12. Selesai makan malem biasanya Baginda Raja ngajak A3 sholat taraweh di mesjid. Sekitar se-jam-an mereka dibawa bapaknya. Dan itu, sudah cukup buat saya buat sholat tarawih sendiri di rumah, trus ngebut nyetrika, dalam rangka penolakan atas tumpukan setrikaan yang saya maksud di atas tadi.
  13. Pulang Baginda Raja dan A3 sholat tarawih, udah sekitar jam setengah 9-an. (Eh, kadang lebih cepet juga sih, kalo pas si bontot minta pup, ato… mecahin gelas bekas orang buka puasa di mesjid kayak kemaren lusa itu. Doh! ). Dan biasanya di jam itu saya udah siap menerima mereka (setrikaan udah beres, cucian piring juga udah beres) jadi sambil mondar-mandir mengakomodir permintaan mereka yang nggak ada habis-habisnya itu, saya siapin baju ganti buat mereka besok pagi, lalu nge-cek buku-buku pelajaran si sulung. Iya nih, doski kan udah SD, jadi sepertinya sudah saatnya saya serius memperhatikan pelajaran-pelajaran di sekolahnya, tadi belajar apa, ada Pe-Er apa nggak, besok belajar apa, dan sebagai-bagainya. Ngelus dada deh, liat pelajaran anak SD sekarang. Perasaan, jaman saya SD dulu, sekolah cuma bawa buku satu, pensil sama penghapus 1 biji,deh. Kadang malah nggak perlu bawa tas. Eh, sekarang si sulung musti bawa minimal 3 buku tulis dan 3 buku cetak. Kadang-kadang malah 4 biji. Belum alat tulis, pensil warna, buku tabungan, dan lain-lain. Udah saya press-press itu barang bawaan doski, tapi tetep aja tas sekolahnya beraaaatttt…! Oh, apa kabarmu, dunia?
  14. Biasanya, chaos hari itu ditutup dengan adegan sikat gigi, cuci tangan dan kaki, lalu ganti baju tidur-nya A3. Habis itu rame-rame naik kasur, baca buku, baca do’a, dan kalo kami beruntung, di jam 21.30 wib semuanya udah pada teparrrrr…! Fiuuuhhhh…!πŸ˜€

Anyhooowww.. welcome yaa, Holy Ramadhan….

Yang semangat ya, puasanya. Jangan sampe bolong, ah. Malu!πŸ˜€

Kurangin nge-gossip-nya, kurangin marah-marahnya, kurangin ngomel dan merepetnya, kurangin gampang pundungnya… Eh, eh.. Ini ngomong sambil tunjuk diri sendiri, lhoooooo!πŸ˜€

Happy fasting, everyone! πŸ™‚

2 thoughts on “Puasa pertama….

  1. haha… namanya juga kepaksa, Mak.
    kalo udah kepaksa, apapun namanya, yang bau-bau kerjaan domestik ya jadinya nggak masalaaahhhh. Enteng, kok. Cuma nyuci, setrika, sapu-sapu, kadang2 nge-pel, ngelap-ngelap…
    enteeengggg…! *ngetiknya sambil garuk2 meja*πŸ˜€

silakan tinggalkan komentar disini...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s