Status-status itu…

Satu-satu-nya jejaring sosial yang masih rutin saya buka sampe saat ini memang cuma Facebook. Buat emak kurang gaul kayak saya, FB sudah cukup menghibur. Jadi, walopun sudah bikin akun di twitter dan google+ , tapi dengan setia hanya FB yang selalu ada di hati saya. *apaan sih?*😀

Selama ini saya selalu berhati-hati untuk menulis status di wall FB saya. Selain karena hampir 70% kawan di FB adalah kawan yang benar-benar saya kenal (well yeah, 30%-nya lagi saya dapat cuma dengan meng-approve saja permintaan pertemanan mereka, karena kami punya banyak mutual friend), menurut saya dari status FB seseorang, kita bisa melihat seberapa dalam/dangkal jiwa/pikiran mereka. Nah lhoooo…! Makanya, jangan sembarangan nulis status, ya..🙂

Nggak, maksud saya gini, lho…. Bijak-bijak-lah menulis status. Pilih pilah, gitu. Status yang memotivasi diri sendiri dan orang lain; ucapan ulang tahun buat suami/istri/anak/orangtua/teman; kutipan ayat suci/hadist; informasi kepadatan jalan; informasi bencana; berita kelahiran dan kematian, masih oke lah ya,  ditulis di status FB. Yang penting jangan asal nulis. Dipikir dulu, lah.. kalo nulis ini, akibatnya apa, efeknya gimana, menyinggung perasaan orang lain apa nggak, bikin orang marah apa nggak, bakal bikin ribut apa nggak… Ribet..? Well, iya mungkin. Tapi memang mempertimbangkan segala sesuatu-nya dari semua sisi – itu kan, yang membedakan mana facebook-er yang sudah  dewasa dengan facebook-er yang masih kanak-kanak..?🙂

Jadi menurut saya nggak perlu deh, berantem sama suami/istri misalnya, diceritain di FB. Saya pernah shock berat, ketika salah seorang teman di FB (dan saya kenal lumayan baik -walopun nggak deket-deket amat- ) mengganti status married-nya menjadi it’s complicated, HANYA karena dia sedang berantem dengan suaminya. Duh, jangan sampe deh. Maksud saya, hari gini gitu lhooohhh.. ! Siapa sih, yang nggak pernah berantem sama suami/istri..? Sama tetangga, sama temen kantor, sama guru/kepala sekolah di sekolahan anak kita..? (yang terakhir ini sih, curhat terselubung, nih.. !) *cring!!!*😀 Tapi, nggak perlu seisi dunia tahu, kaaaan…?

Dan satu hal lagi, hati-hati deh, kalo mau komen/nge-like status orang.

Beberapa minggu lalu, ada salah seorang kawan yang menulis berita meninggal dunia-nya sang ayah di status-nya. Dan secara mengejutkan, ada 6 (ENAM!) orang yang me-like/ngasih jempol di bawah status itu. Oke, lah. Selain mengabarkan meninggalnya si ayah, di statusnya kawan saya ini mengetikkan pula do’a dan pengharapan untuk ayahnya itu. Do’a-nya indah, sih… tapi… memberikan jempol untuk berita orang meninggal dunia…? I think it was toooo much, Saudara!

3 thoughts on “Status-status itu…

  1. Yoiii…social media emang harus pinter digunakan. Socmed harusnya mempermudah hidup (baik hidup kita maupun hidup org lain, yg pengen cari info, cari ‘kekuatan’ teman share, dsb dsb) jangan malah bikin jadi batu sandungan yeh. Eh tapi ada lho yg prinsipnya “Ya ini kan socmednya socmed gw (baca : fb-nya ya fb gue, twitter-nya ya twitter gue,blog-nya blog gue) terserah mau nulis apa dong” kalo orang begitu mah…yah, kita jalankan prinsip abaikan sajah…baca dan abaikan hahaha

    • hihi.. iyaaa.. ada juga yang modelnya begitu. Dan ya iya, bener: baca lalu ignore sajahhhh…🙂
      Well, kita kan gak mungkin nyamain isi kepala orang sedunia, kaaaannn..?😀
      Btw, dirimu udah gak pernah buka FB ya, kayaknya. Udah tersepona sama si twitter, yaaaa….

      • masih buka FB kok, buat pengingat ultah dkk itu masih ampuh. tapi jarang posting Twitter juga karena banyak temen (temen di dunia nyata) di twitter tapi aku jarang ngetwit juga hihi. Blogging and blogwalking are my thinsg :p

silakan tinggalkan komentar disini...

