Pengalaman pertama

…. diberhentiin polisi.

Sebagai sopir amatir -yang SIMnya dapet nembak Agustus 2011 lalu- haha, ngaku! Tolong jangan ditiru!πŸ˜† selama ini ketika sedang berada di jalan raya saya selalu berusaha untuk berhati-hati dan taat sama yang namanya peraturan lalu lintas. Selain demi keselamatan diri sendiri (dan keluarga) tertib di jalan raya ini menurut saya merupakan contoh baik yang mudah-mudahan saja terekam dalam memori the krucils, kan? Err… tapi tidak termasuk omelan saya kalo diserobot orang lho, yaπŸ˜† Alhamdulillah saya belum pernah yang namanya kena tilang. Jangankan kena tilang, wong diberhentiin polisi aja belum pernah sama sekali.

Nah ceritanya, hari Selasa pagi kemaren (16 Juli-red) rute perjalanan kami sedikit berubah. Biasanya, rute pagi kami sehari-hari adalah : rumah—sekolah Andro—kantor saya—kantor Baginda Raja—daycare. Cuma, setelah hari Senin-nya kami SEMUA terlambat : Andro sampe sekolah setengah 8 lebih, saya absen pagi jam 07.51 wib, dan… Baginda Raja absen jam 07.59 wib -Senin pagi kemaren muaceeetttnya edaaaannn…!- padahal dari rumah jam 06 lewat sedikit. Kapoookk banget, karena telat absen begitu kan bikin BT seharian *inget tunjangan dipotong*πŸ˜† makanya hari Selasa kami berangkat lebih pagi. Dari rumah jam 6 kurang seperempat, jalanan relatif jauuuhh lebih sepi dibanding hari Senin, walhasil nyampe daerah Burangrang deket-deket sekolah Andro masih jam setengah 7. Dan karena nggak tega bangunin dia yang lagi pulessss banget, -pagi itu Andro ikut sahur- (DAN kemaren puasa-nya GOLLLL sampe Maghrib, yeayyyyy!πŸ˜€ ) jadi diputuskan untuk ngabsen ke kantor dulu, baru ngedrop anak-anak.

Setelah ngedrop Baginda Raja ke Purnawarman, trus Andro ke sekolah, lalu Aura-Amartha ke daycare, saya balik menuju kantor. Nah, pas nyeberang di perempatan lampu merah Jl Asia Afrika (persissss di depan kantor saya), posisi saya kan ada di belakang mobil CRV, tuh. (keren lah ya, mana ada sih CRV yang nggak keren di mata sayaπŸ˜† ) dan jalannya kan pelan-pelan secara banyak motor yang nyerobot dari arah kiri gitu. Saya inget, hitung mundur angka di atas lampu merah itu masih menunjukkan angka 5, jadi hitungan saya masih boleh dong saya jalan, wong lampunya juga belum kuning. Lagian posisi saya udah kagok banget, udah ngelewatin batas area berhenti mobil dengan motor, jadi nggak mungkin juga saya berhenti. Lha kalo berhenti di area perhentian motor, saya lebih salah lagi, dong…! (Catatan: di beberapa titik lampu merah Kota Bandung, memang sudah disediakan area khusus untuk berhentinya motor sekian meter di bagian depan, dan pernah liat mobil ditilang gegara berhenti di area ini)

Eh, begitu saya nyeberang, kok mendadak pak polisi yang tugas di pinggir jalan melambaikan tangan ke saya. Hehhh? Saya? Are you kidding…? Tadinya udah rada sebel disuruh minggir begitu. Wong saya nggak ngerasa salah. FYI, beberapa motor dibelakang saya yang juga ikutan nyeberang bareng saya, selamat-selamat aja, tuh. Tapi terus inget kata-kata Baginda Raja, di jalan raya, yang berkuasa itu, rambu-rambu lalu lintas… dan… polisi. Jadi walopun kita NGGAK NGERASA salah, JANGAN PERNAH ngotot bilang nggak salah, soalnya pasti bakal panjang urusannya. Nah terus, saya inget juga, pos jaga polisi ini kan persiiiisss banget di depan kantor saya, ya nggak lucu aja ya kalo saya berantem sama polisi-nya, trus tahu-tahu pas sholat Dzuhur ketemuan di mesjid kantor.πŸ™‚

Sebelum buka kaca, sambil nunggu si pak Pol jalan kearah mobil saya, saya ambil name tag (ketjup basah si name tag yang kok ndilalah kemaren sore saya bawa pulang, padahal biasanya selalu disimpan di lemari kantorπŸ˜€ ), trus pasang muka tenang, dan lalu nurunin kaca, dan terjadilah dialog (kurang lebih) begini:

Pak Polisi (PP): ” Assalamu’alaikum, Ibu… “ (dia pasang senyum manis). Eits, nuansa Ramadhan ya, Pak. Salamnya ganti…?πŸ™‚
Saya (S): ” Wa’alaikumsalam, Bapak….” (saya nggak mau kalah pasang senyum semanis mungkin. Sebelumnya sempetin lirik kaca spion benerin jilbab dulu, dongs! Oh yes, saat berhadapan dengan kondisi macem ini, tampang (SOK) ketjeh itu sangat membantu loh, Seus…!πŸ˜† ) Later on, kata Baginda Raja, pak Pol itu memang terpesona akan kecantikanku. Huahahaha… Abaikaaannn! Kalo bukan muji istri sendiri, beliau mau muji siapa lagiiiii…?:mrgreen:

PP: ” Ibu, tadi nerobos lampu merah…” (nunjuk lampu merah di belakang kami). Kalimatnya jelan-jelas men-judge saya salah. Iiihh, rada kepancing untuk langsung defensif, tapi trus inget kata Baginda Raja, oke jadi kalimat bela diri-nya musti dibikin se-elegan mungkin, biar si pak Pol nggak tersinggung.

S: “Ohhhh… iya, gitu Pak? *sok-sok mikir* Tapi perasaan saya sih nggak, Pak. Masih ada waktu 3 detik, kok…” (saya masih BERUSAHA pasang senyum)

PP: ” Tapi, Bu….”

Dan saya langsung ambil name tag saya.

S: ” Aduh, maaf kalo gitu, Pak… Saya mau masuk kesini, nih. (tunjuk gedung kantor trus tunjukkin name tag) Biasa, Pak. Ngejar absen… ” -absen sore nanti, maksudnya-Β :mrgreen:

PP: ” Ooohhh… Ibu kerja disini, tho..? “ (trus senyum penuh pengertian)
S: ” Iya, pak… Maaf ya, Pak. Buru-buru, soalnya…” (ya saya nggak perlu kasih tahu dia kalo sebenernya saya udah absen pagi sebelum nganter anak-anak, kan? hahaha…)

PP: “Ooohh… iya, Bu.. Nggak apa-apa. Silakan dilanjutkan, Bu. Hati-hati ya…. “

Jackpot!!!! πŸ˜€

gambar minjem dari sini

gambar minjem dari sini

Ps: Saya sih yakin banget, Pak Pol itu bukannya segan dengan korps kementerian saya, tapi karena udah pasti nggak enak lah, nilang pegawai yang mesjid dan toilet kantor-nya ditebengin SETIAP HARI sama dia dan teman-temannya yang kebetulan tugas jaga di pos itu. Oh, dan jangan lupakan juga jasa Pak Ajo, penjaga mesjid nan baik hati *karena boleh ngutang*πŸ˜† yang di hari-hari biasa sedia rokok, kopi, permen, roti, pop mie, dan selalu siap mengantar kapanpun diminta. Kalo nggak ada Pak Ajo, mau pesen kopi dan rokok dimana, merekaaaa..?:mrgreen:

Aiiihhhh, ternyata polisi juga (masih) manusia…πŸ˜€

43 thoughts on “Pengalaman pertama

  1. Huahahahahah aku yakin dia tersepona padamu mbakπŸ™‚. Emang buat kita cewe cewe (cantik) ngadepin polisi tuh paling gampang tinggal senyum manis & memelas pas polisinya bisa luluh, coba cowo cowo kalo senyum senyum gitu apa gak langsung ditilang di tempat tuhπŸ˜€

    • Kita? cewek cantik…? Ah, Maya… dirimu sih iya, masuk kategori… nah akuuuuu…? Cantik juga, sih. Di dunia baginda raja….πŸ˜†
      Senyum manis DAN JANGAN DEFENSIF itu yang paling perlu kayaknya. Kalo cowok, daripada ribet, mereka mending damai langsung aja kali, ya? Nah kalo kita (eh, aku) prinsipnya kalo msh bisa kekep-in duit 20-50 rebu, ya mending pasang muka (sok) manis dikit, lah. Kan lumayan, duitnya bisa buat jajan anak2… haha…

    • haha… aku nggak bohong kaaannn…? Ngejar absen…. sore….?:mrgreen:
      Polisi yg jaga di pos dkt kantor ini emang moody banget. Kadang cuek, kadang ketat. Dulu pernah liat motor ditilang gara2 pas lampu merah berhenti ngelewatin garis putih dikiiiiit bgt. Lain hari, yg begitu dicuekin. Ah, tergantung suasana hati bgt, kayaknya…πŸ™‚

    • Iya, Nin…
      Aku sih udah tos-tos-an aja, kalo sampe ditilang, mau kutongkrongin di depan mesjid kantor pas sholat Dzuhur, dan minta dibalikkin apapun yg tadi dia minta… huahaha…

  2. Mungkin udah saatnya kota-kota lain yang macet juga dapet dispensasi penggantian jam kerja kalo telat ya mbak, kan lumayan kalo tiap hari 0,5% sebulan jadi 10%, itu bisa buat bawa maen bocah ke mallπŸ˜€

  3. ihihihi Aku 2 kali diberhentiin polisi. Sekali kejadian seperti itu persis di Pahlawan, mak, kan lebar tuh simpangannya. Udah di tengah, dong, masih ijo.. Jadi melambat karena banyak motor di depanku dihentikan polisi buat razia. Ya jelas pas sampe di seberang mungkin udah merah ya ( di belakangku masih ada 2 mobil lagi) Karena yakin banget, aku keukeuh bilang aku nggak salah *dan bener, harus dengan baik-baik*. Akhirnya emang dilepas. Nah yg ke 2 Desember kmrn, pas belok kiri di perempatan Riau-Banda, aku liat ada tulisan BELOK KIRI…. (dan gak kubaca lagi) biasanya kan kalo ada tulisan ya BELOK KIRI LANGSUNG ya, eh ternyata itu BELOK KIRI IKUTIN LAMPU LALU LINTAS. Kicik kaliii tulisannya (jadi hati-hati kalo lewat situ dan mau belok kiri yes). Di depanku ada 2 mobil (plat Jakarta) yg juga diberhentiin polisi, dan mereka sih berusaha ngelobby dan berkeras. Ya karena emang salah, aku minta tilang aja. Dan datang sidang itu cuma 10 menit, bayarnya pun 37.500 saja loh di pengadilan. Jadi ya kalo emang salah mendingan minta tilang dan sidang deh. Kalo salah ya… hahaha kalo ngerasa nggak salah….bertahan sampe akhir dong *kita lihat bisa bertahan berapa lama dia sama senyuman dan keukeuhan perempuan*

    • Hahaha…. keukeuh2-an sama perempuan, mana bisa mereka tahaaannn…?πŸ˜†
      Emang ya, Mak. Kalo diperhatiin, di Bdg ini banyak kali rambu2 yg jebakan betmen. Tulisannya kueciiiiilll…! Ato kalo nggak, ketutupan pohon, lah. Tiang, lah. Pokoknya kurang terpampang nyata di depan mata…. Aku baru tahu dirimu pernah ikutan sidang. Emang katanya cuma bentar ya, cuma nunggu giliran sidangnya aja yg lama. Kata baginda raja, kalo emang kita salah, ya mint tilang aja yg resmi, at least duitnya masuk ke kas negara… haha, iya lah pak fiskus…!:mrgreen:

      • aku nunggunya juga bentar banget kok Mak, gak ada 5 menit. Datang pagi aja, dan hakimnya baik baik. Jadi emang kalo salah ya jangan ‘damai-damai’-lah ya itu mah kita nya tadi bener jadi salah juga kan . Tapi a mudah-mudahan gak kena lagi lah hihi makanya`aku suka denger info jg di mana aja yg rawan jebakan betmen gitu

    • Huaaa… harusnya waktu aku kena tilang itu minta sidang ya… damai kena 50 rebu satu satunya. Lumajen kan kembalian 12.500 dapat beras sekilo pleus kangkung satu ikat hahahahaha…

  4. Wakakakak, jadi itu polisi gak jd nilang karena gak enak ati yah hihihi
    Besok bawain kolak mak, buat takjil Pak Pulisi hihihi
    Aku belon pernah sih ngalamin diberentiin polisi, selama 2 taon nyetir ini. Semoga gak ngalamin deh ahh

    • Haha.. pastinya begitu, mbak…. ya kebangetan aja kalo smp ditilang, sih. Wong menurutku aku nggak salah, kok. Dan ya sama itu tadi… nggak enak jg rupanya dia, nebeng di toilet dan mesjid kantor tiap hari….πŸ™‚
      Aamiiinnn, mbak.. moga2 lancar jaya terus nyetirnya, ya. Emak2 macem kita ini udh banyak lah, urusan.. jangan pula ditambah dgn urusan tilang menilang…πŸ™‚

  5. Ahahahaha.. untung kita wanita yakπŸ˜†
    kayanya pak polisi itu kalo sama wanita lebih..emmm.. pengertian gitu huahahaha
    Dulu pernah di stop 2 pak polisi ( eh abang polisi deh, masih mude2 soale :p)
    serius saya ga ngeh salah apaan kenapa di stop ahahaha ternyata katanya masuk ke jalur khusus busway ( di depan stasiun Gambir )

    Mana kaga bawa duit pulak wkwkwk, ceritanya abis pulang melayat sama adik dan nyokap, trus pergi makan ke bakmi gondangdia, selesai makan sisa duit 10rb di dompet hahaha kelupaan ke atm ,tp pede2 aja soalnya bensin full wkwkwkwk.

    Pas di tilang, memelas banget.. ngaku kalo ga punya duit wkwkwkwk.. mungkin muka saya polos kali ya * minta dikeplak* jadi pak polisi percaya kejujuran ku, dan di lepas begitu saja sambil dipesenin : hati2 ya dek..
    πŸ˜†

    • Haha… kata baginda raja, urusan minta gerbong kereta, tempat duduk di bis, trus urusan yg model beginian, baru deh cewek2 minta dispensasi… begitu urusan politik, rame2 berkoar ttg emansipasi perempuan dan keseteraan gender. Huahaha…
      Iiiihhhh, ngakak baca ceritamu, Me… ketjeh2 cuma pegang duit 10 rebu…. eh, tapi polisinya kurang canggih juga, tuh. Harusnya suruh kamu minta uang ke nyokap..:mrgreen:

silakan tinggalkan komentar disini...

