Anak gadis ayah

Saya pernah beberapa kali baca postingan temen-temen di blog tentang kekerasan verbal yang menyangkut fisik anak mereka. Maaf, beneran lupa punya siapa.πŸ™‚ Dan baru posting tentang ini sekarang, karena baruuu banget kejadian kemaren di rumah. Bukan kekerasan verbal sih, tapi sedikit menyangkut fisik gitu, lah.

Jadi, selama ini saya selalu menghindari penggunaan label-label negatif yang sifatnya fisik kepada anak-anak. Nggak berani deh, mengolok-olok anak dengan label fisik yang negatif. Anak sendiri nggak berani, apalagi anak orang, ya. Pokoknya semua label negatif yang menjurus fisik kayak contohnya: gendut, item, tembem, ceking, kriwil, dan sebangsanya itu. Maksud saya, siapa sih, yang pengen lahir dengan kulit sehitam arang, misalnya? Atau badan over weight, atau sebaliknya kurus ceking kayak tiang? Urusan fisik manusia itu hak prerogatif Gusti Allah Yang Maha Esa, jadi mana boleh kita mencela/memperolok-olok makhluk ciptaan-NYA, kan? *pencitraan sholehah*πŸ˜†

Pun, saya berusaha untuk tidak melabeli anak dengan label negatif yang menyerang secara psikologis, misalnya: nakal, cengeng, penakut, bodoh (apalagi itu!), bandel, nggak bisa dinasehati, dan yang sejenisnya. Karena apa? Karena kata-kata yang keluar dari mulut orangtua (apalagi ibu) terhadap anaknya adalah do’a. Sadar tidak sadar, saat kita mencap anak sebagai anak nakal, sejatinya saat itu kita sedang mendoakan anak menjadi nakal. Dan begitulah seterusnya…

Kembali soal fisik anak. Semua temen yang kenal Baginda Raja tahu, kalo kulit beliau itu… ehm… hitem coklat eksotik (haha, mem-bully suami sendiri, yang berani protes paling ibu mertua!πŸ˜† ) sedangkan kulit saya… sedikiiittt (liat baik-baik ya, sedikiiiitttt) lebih terang dibandingkan beliau. Kalo pas lagi di rumah dan pake kaos lengan pendek, rada jelas lah ya, perbedaan warna kulit itu. Ah, ya iya. Wong tangan saya nggak pernah terpapar matahari, kapanan tiap keluar rumah selalu berlengan panjang.πŸ˜‰

Dan so far kalo bercanda dan ledek-ledekan soal warna kulit ini, tentu saja saya yang menang, secara ya.. terpampang nyata di depan mata gitu loh, kulit saya sedikiiiittt ( tuh kan, saya ketik lagi sedikit-nya.πŸ™‚ )Β  lebih cerah dibanding beliau. Dan ya sudah, no hurt feeling aja, gitu. Namanya saling ledek diantara suami istri. Kalah-menang udah biasa, tho? Kalo (kadang) ada yang suka manyun karena kalah diledek, ya… kebangetan, deh!Β  *tunjuk muka sendiri*πŸ˜†

Nah, yang rada bikin kaget, pernah waktu itu nggak ada hujan apalagi badai, si tengah kami tetiba bilang gini:

” Aku doongg, kulitnya sama kayak Ayah… coklat! “ Waktu itu sih ngomongnya masih sambil cengengesan bangga-bangga gimanaaaa, gitu. Hoalah Nduk, nduk…! Punya kulit coklat kok bangga. Hahaha…

Uhm, kalo mau jujur sih, dari tiga bocah itu, yang punya kulit paling kinclong emang si bontot Amartha. Kalo Andro mirip saya. Dibilang item nggak, dibilang putih juga nggak. STD, lah. Naaahh… kalo kulit Aura… memang miriiiiipp banget bapaknya.πŸ˜€

Suatu ketika saya pernah iseng tanya:

” Mbak, emang perempuan yang cantik itu, yang kulitnya gimana, sih?”

” Yang kulitnya putih, dong… kayak dik Amartha” jawabnya tanpa ragu. Ish, kenapa nggak kayak Ibu sih, Mbak…?πŸ˜†

” Trus, kalo mbak Aura, kulitnya putih.. apa item..?”

” Coklat… kayak Ayah…” Salahkan bapaknya itu, suka menyaru kata item jadi coklat.Β :mrgreen:

” Tapi mbak Aura cantik, kooookk..! ” lalu saya peluk dia, sambil berkata dalam hati, jangan sakit hati, kalo suatu saat nanti ada yang mengolok-olok kulitmu ya, Nduk. Se-hitam apapun kulitmu, kamu selalu cantik kok, di mata Ibu, ayah dan sodara-sodaramu…!

Dan biasanya asal udah dipeluk ibunya, dia sih langsung senyum-senyum kesenengan gituuuu…πŸ™‚

Jadi ya begitu, deh… Sekarang musti sering-sering ingetin diri sendiri aja, apapun kalimat yang keluar dari mulut kita -sengaja nggak sengaja- akan selalu melekat dalam ingatan anak-anak, dan selamanya akan berada disana, cepat atau lambat akan membentuk kepribadian mereka, membentuk cara pandang mereka terhadap dunia. Buuuu, kalimat yang kita sangka cuma kalimat sepele yang nggak ada artinya saja, ternyata mempengaruhi pola pikir mereka, loh! Apalagi kalimat-kalimat doktrin yang memang kita sengaja tanamkan di otak mereka? Makanya… sekarang-sekarang ini, saya lagi belajar melontarkan kalimat-kalimat positif saat sedang kesel/sebel/kecewa/marah kepada mereka. Jadi kalo salah satu dari the krucils berulah dan bikin kepala bertanduk, saya berusaha supaya kalimat-kalimat yang terlontar pada mereka kurang lebih seperti ini:

Aduuuuh, kamu tuh ya… anak sholeh/sholehah, cakep/cantik, baik, pinter, bageur, bernasib baik, beruntung, jadi ahli ibadah, gede nanti bolak-balik pergi haji, (yang terakhir ini masih mungkin nggak, sih? haha.. )

Kalo repetan saya udah keluar semua, baru deh… dijelasin kenapa saya kesal sama mereka. Lumayan sih ya, pergulatan untuk menyingkronkan otak kanan dengan otak kiri itu kan perlu usaha keras. Namanya lagi kesel bin sebel, eh.. suruh nge-do’a-in. Reppooootttt…!!! Tapi oh tapi… apa sih, yang nggak kalo buat kebaikan anak sendiri, Buuu…?πŸ˜€

Dan hal se-sepele ini-pun, AKHIRNYA jadi PR juga buat saya (Nah, lhooo…! Makin buaaanyak ya Seus, PR-muuuu…!πŸ˜† )

Anyway, Aura ini kesayangannya Baginda Raja banget. Well, Andro-Amartha kesayangannya juga, sih. Tapi kalo ke si genduk, beliau cenderung lebih sabar, lebih toleran, trus lebih nerimo, lebih nggak tega-an, lebih nurut (???) pokoknya terkesan lebih ‘lunak’ deh. Saya bahkan kadang suka protes karena beliau (lupa) nggak negur Aura saat anak perempuan-nya itu bersikap ‘kurang sopan’ ke ayahnya. Ya namapun anak-anak, kadang kalo dimanja-manja, dibaik-baikin, dilembut-lembutin gitu jadinya malah ngelunjak, kan? Mirip siapaaaa…?πŸ˜†

Nah, beberapa hari lalu Baginda Raja cerita ke saya, tentang percakapan dengan si genduk yang isinya kira-kira begini :

” Mbak, Ayah sayaaanggg banget sama mbak Aura…”

” Tapi aku nggak sayang ke Ayah. Aku sayangnya ke Ibu…”

” Kenapaaaa…? Kan Ayah sayang ke mbak Aura..” (bapaknya mulai ngotot)

” Soalnya kulit Ibu putih….”

…………………………………. P-E-D-I-H…………………………………

Muahahaha….!!!

Malangnya nasibmu, Mas… di bully sama anak sendiri…:mrgreen:

IMG_20130323_161353

.. dan meskipun sudah dibikin sakit hati, beliau tetep telaten ngolesin caladine ke kulit anak gadisnya…πŸ™‚

... dan dengan senang hati membantu menyelesaikan cooking mama... ^_^

… juga dengan senang hati membantu menyelesaikan game cooking mama…πŸ˜‰

Selain pengertian yang luar biasa itu: dengan sukarela membantu mencuci baju, menyapu+mengepel lantai, mencuci piring, mijitin kakiku (???), cara manismu memperlakukan anak-anak kita adalah salah satu dari sekian banyak hal yang membuat cintaku mentok padamu, Mas…πŸ˜€

… dan kira-kira, kalo tampilan bapaknya garang begini, nanti ada nggak ya, cowok yang berani ngapelin anak gadisnya..?πŸ˜€

57 thoughts on “Anak gadis ayah

  1. Wah brarti kulit Aura mirip kulit aku Fit, coklat hihi. Kata matt kalo aku baru pulang main dari panas2 mirip brownies keluar dr oven. Kurang ajar yaaaa hihi. Cuman kulit coklat itu sehat n sexy pas kena matahari/difoto. Seriuussssss

  2. Toss dl ah ama Aura. Mbaaak… coklat itu maniiiis, eksotis dan kalo dah gede pasti erotis hahaha (itu mah sayah). Dan emang biasanya anak cewek itu kaya papanya mbak (kaya’ aku lg).
    Dan bener kata Noni mbak, kulit coklat itu sehat dan InshaAllah terhindar (jauuuh…. jauh) dr kanker kulit.

  3. Ahahahaha, kalo sekarang, Kirana kan masih bayi, tiba-tiba ayahnya yang bilang
    “Gpp ya dek, kulitnya kayak ayah” Hahaha..

    Jadi curiga, nanti Kirana juga akan membully ayahnya kayak Mbak AuraπŸ˜›

    • haha… siapin mental dari sekarang ya, ayahnya Kirana… Biar nggak syok!πŸ˜†
      Btw, selamat 1 tahun buat Kirana, ya. Aihh, makin besar, makin cantik doongg…!πŸ™‚

  4. Hihi klo di rumah, aku yg dibully. Abi sering pegang punggung tanganku kemudian menjajarkan punggung tangannya trus bilang, “anak-anak, lihat nih, ada papan catur” x_x
    *akubagianhitamnya*
    Klo anak-anak, kulitnya gradasi dari F1 paling terang sampai F5 paling gelap

    • Ih, si Abi keterlaluan! Nggak dibikinin puding baru tahu rasaaaa…! Pudingmu, mana pudingmu, mbak? *langsung inget puding strawberry itu*πŸ˜†
      Haha, itu gradasi warna kulit rada kebalik nggak sih, mbak? Biasanya makin kesini makin terang. Kan perbaikan gen… hahaha….

  5. Di rumah saya juga terjadi perkawinan 2 warna kulit, FitriπŸ™‚ Sekarang skor 2-1 untuk kemenangan kulit cerahπŸ™‚ Tapi, bersyukurnya meskipun si kecil kulitnya ngikut aku yang berwarna cerah, dia adalah anak ayah yg suka ngintilin ke mana si ayah pergiπŸ™‚

  6. duileeeh dalm bener.. apa jujur bener hahahhaa
    aku doong, gosoong hahhaa tapi herannya si aila tuh rada2 jernihan warnanya mudah2an ampe gede ga ireng kayak emak bapake

  7. hahaha sayang ama ibu karena kulitnya putih… ada2 aja..πŸ˜›

    iya ah masalah warna kulit itu sih persepsi banget ya. gak mesti kalo yang putih pasti cakep. malah kalo terlalu putih pucet malah kayak orang sakit gak sih…
    bagusan emang rada coklat2… jadi keliatan lebih sehat gitu. hehehe.

  8. Bapake nanti bawa bedhil mbak klo ada yang mau ngapelin aura hahahaha..
    ah itu kan stereotype orang asia aja kalo cantik itu yang kulitnya putih.. mbak amartha mah cakep mbak!

    • Haha… itu misteri yg baru akan terjawab err.. let say 10 tahun lagi..?πŸ™‚
      Jangan2 malah langsung akrab main catur, ya.πŸ˜†
      Typo ya, mbak Dhir.. ? Yg coklat kulitnya ini Aura, Amartha itu adiknya… hihihi…

  9. Eksotis gitu lhooo mba hihihi sekarang ini trend cantik geser ..bukan kulit putih tapi yah coklatt kaya si aura bilang hihihihi…sexyyy ala2 rihanna n beyonce.

    Sama nih mbaaa aku juga lagi brusaha singkronin otak kiri kanan klo lg kesel mangkel n capek momong bazyl ahahahha. Jangan sampe kata2 negatif yg keluar. Bisa dicontoh deh itu ucapan “mantra” bolak-ik naik hajinya . Dan mai kita amininin bersama sama. AminnnnnπŸ˜‰

    • halo yang baru 2nd anniversary…! aura bahagianya msh keliatan, looohhh…!πŸ™‚
      haha… ini yg ngomong coklat eksotis kulitnya kinclooonggg bak pualam! aku kan jadi syeneeeengg!πŸ˜† Huah, Beyonce? aku nggak keberatan samsek kulit Aura nanti seeksotis dia! haha…
      Nis, mumpung Bazyl msh bocah buangeedd, emang musti dibiasain tuh, doktrin2 positif even mamanya lg spanneng! Iya sih, beraaattt! Tapi buat kebaikan the precious, apa sih yg nggak kita kasiihhh?πŸ˜‰
      Btw, aku dong, yg paling kuenceenggg ngedoain the krucils gede nanti bolak balik haji. Aamiiinnnn….!πŸ˜€

    • hola, mbak Dani. Dari Bali, ya? Ya eya laaah, nggak mungkin juga dari Garut! Haha… baginda ratu abal abal, mbak. Di rumah aku kan upik abuuuu!πŸ˜†
      Bukan keren mbak, SOK keren lebih pas!:mrgreen:
      Thanks udah melipir kesini, ya. Baru sekarang loh, kenalan sama orang dari Bali. Cakep, pulak!πŸ™‚

  10. aku juga cokelat!! *teteuup mau ekseeesssshhh..* tapi cokelat kopi… huahahah…
    jadi ibu itu harus super sabar ya mbak, gimana nggak, saat marah aja harus mengeluarkan kalimat-kalimat positif. perlu pengendalian diri yang ruar biasa,, x))

    • Coklat kopi? Muahahaha…. *trus mingkem dilempar bungkus bekas goodie bag*πŸ˜†
      Makanya, Ny…. timbun stok sabar dari sekarang, deh. Karena begitu punya kru cilik, akan ada masanya kita kelabakan nyari2 amunusi sabar. Dan refill-nya itu kan syusyaaaahhh banget dicari! *ini curcol udah pasti*πŸ˜€

      • huahaha.. dilempar isinya aja gimana mbak Fit? lumayan loh itu… sakitnya =))

        kalau gitu mbak Fitri harus lebih sering apdet ttg krucils biar aku banyak belajar dulu. Jadi teori nya udah dapet nih, ntar tinggal praktek.. hihihihihihi x)

  11. hahahaha Mbak Aura, sini toss bersama Tante dan Gaoqi sesama berkulit coklat. Itu Caladine biar apaaaa, biar ditiru di sini kalo ada tips murmer. Dan Mbak Aura, kita akan tetap cantik kok di mata orang orang yang penting dalam hidup ini. Eh itu ada juga akhirnya foto Mbak Aura senyum ya hahaha. Btw kan Aura itu Mykowati banget ya, biasanya yang mirip banget sama bapaknya akur sama emaknya, mak. Karena ngeliatnya keinget cinta ke bapaknya kali ye ahey

    • haha.. caladine bukan buat mencerahkan kulit lah, Maaakk..! Itu kena gigitan nyamuk jadi gatel…πŸ˜€ Nanti kabar2 deh, kalo udah nemu formula yg pas buat bikin kulit kinclong, clong, clong..πŸ˜†
      Mykowati? iyaaaaa banget! Apalagi kalo lagi nyureng alisnya.. hahaha… E

  12. Biasa nya mmg kebanyakan ortu laki lebih sayang ama anak perempuan nya. Jadi inget temen gw kalo ama anak perempuan nya, minta apapun langsung dikasih. Tapi kalo ama anak laki nya, selalu bilang “Mas, nilai nya bagus dulu nanti abi kasih hadiah nya”

    • aku nggak sampe gitu sih… perlakuan ke 3 bocah sama aja, nggak memandang gender… tapiiii.. tentu saja cara memperlakukan mereka beda2, ya. Kapanan beda anak, beda sifatnya. Jadi beda pula-lah treatmentnya….πŸ™‚

  13. Aku baru bulan-bulan terakhir ini milih untuk punya kulit coklat banget. Ngerasa bangga gitu kalo misalkan ada yang bilang “kamu eksotis banget deh”
    Padahal mungkin maksudnya si yang bilang “kamu kok item begitu sih?”πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

  14. Daddy’s big girl ya, mbak AuraπŸ™‚
    Bener2 fotokopi bapake ya si tengah ini
    Tosss sama tante yuk, sesama kulit coklatπŸ˜€
    Kulit kita ini eksotiss bgitu lho hihihi

silakan tinggalkan komentar disini...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s