Soal (latihan) memasak

Pada suatu sore di hari libur:

“Bang, Ibu bikin macaroni schootel, nih. Enak loh, kejunya banyak….”

” Mana, Bu? mana?” disahut dengan semangat sama si boss kecil.

Lalu beberapa saat kemudian.

” Gimana, bang? Enak nggak, macaroni schootel bikinan Ibu…? “

” Nggak, ah. Lebih enak yang di jual sama mamang yang keliling itu…”

Appaaaa…!!!!??? *ibunya teriak histeris*

!!!!!%$#^*&*&*%??!!!!

———-****———–

Kehidupan setelah menikah itu ternyata bikin shock. Jaman masih perawan dulu, makan dengan menu rumahan itu rasanya biasa-biasa aja, ya. Eng, saya bukan tipikal orang yang suka makan di kafe juga sih *bilang aja duitnya nggak ada, Fit*๐Ÿ˜† cuma rasanya dari dulu nggak pernah kepikir sama sekali buat latihan masak demi terwujudnya keluarga yang sehat dengan masakan rumah gitu lah. Aih, masak? Trus ngapain dong, ada rumah makan padang dan warteg? Haha. Eh begitu ketemu Baginda Raja, nikah lalu A3 lahir, baru deh terasa makanan yang dimasak di rumah itu… mewah! Apalagi makin kesini makin sadar bahwasannya sebaik-baik makanan, yang paling baik katanya ya makanan yang dibuat di rumah. Karena pake cinta? Hohoho…

Saya nggak mau nyalahin Ibu saya yang nggak pernah nuntut saya untuk mengakrabkan diri dengan segala macam bumbu dan peralatan tempur di dapur, sih. Cuma kalo di flashback, beliau emang nggak pernah sekalipun nyuruh saya untuk belajar masak. Lah wong nyuci baju saya sendiri aja beliau nggak pernah nyuruh. Pokoknya, sampe kuliah terus kerja, saya (nyaris) nggak pernah masuk dapur. Nge-bedain merica sama ketumbar aja baru bisa kemaren… hahaha… *ngakak tengsin*๐Ÿ˜† Dan untuuungg, dulu Baginda Raja nggak mensyaratkan calon istri-nya kudu pinter masak. Kalo iya, mungkin sampe sekarang saya masih jadi perawan. Huahahaha…

Sebenernya, saya suka ngiri liat temen kantor yang bawa makanan dari rumah buat sarapan/makan siang. Kadang suka sotoy nuduh: “istri situ nggak kerja, ya?” hahaha. Emang situ, Fit? Sarapan aja beli nasi kuning mulu, mentok-mentok ya roti isi, bersembunyi di balik ke- (sok)-sibukan kerja, tak ada waktu, tak sempat masak pagi-pagi buat bekal suami dan anak-anak? *toyor pake talenan*๐Ÿ˜†

Trus bukannya nggak tertohok sih, pas mbak Tituk bilang “bukan licinnya setrikaan yang membuat anak-anak kangen padamu…” UHUKKKKK! KENAAAA PASSSS DI ULU HATIIIII…! >>> mewek di bawah meja setrikaan.๐Ÿ˜†

Nah. Jadi bulat sudah tekad saya untuk memulai lagi (latihan) memasak. Yah, meskipun untuk beberapa jenis makanan sih mari serahkan saja pada ahlinya ya: ayam crispy pada KFC, pizza pada PHD, cimol dan cireng pada tukang gorengan di Buahbatu, brownis dan pisang molen pada Kartika Sari, bakso enak ya pada Bakso Enggal, lalu ayam goreng pada ayam goreng Indrawati… Nah, loh! Semua diserahkan pada ahlinya, trus kamu masak apaan dong jadinya, Fiiittt..? hahaha….

Saya udah (lumayan) sering sih bikin sop ayam, ayam goreng, capcay, perkedel, risoles *resep dari mbak Tituk tersayang* dan tidak lupa gorengan macem tempe dan bala-bala juga cingcay lah. Tapi ya jangan lupa, juri masakan saya ini kan cuma Baginda Raja sama A3 sahaja, jadi asal mereka masih mau makan (dan habis), maka saya bisa kategorikan masakan saya itu enak. *tidak meyakinkan* hahaha. Belum sampe taraf yang bisa ngebekelin Baginda Raja sama A3 sih, cuma ya pelan-pelan sedang menuju kesana. Kapanan nyetir aja dimulai dari gigi 1, yes?๐Ÿ˜€

Tapi… emang ya, kalo mau ngenalin keluarga sama jenis makanan baru, mending dicekokinnya sama bikinan sendiri, deh. Jadi nggak kayak saya nih, si macaroni schootel yang berbahan dasar premium *dan dibuat dengan tambahan kasih sayang* kalah saing sama macaroni schootel harga 7 rebu yang dijual sama tukang keliling itu. Androooo…! Kamyuh, terlaluuuuu…!!! *unyel-unyel pake oven*๐Ÿ˜†

makan malam pake sate ayam yang beli di deket rumah. Jenis makanan yang ribet kudu bakar2 macem ini tentu saja kita serahkan pada orang-orang madura saja ya sayang.. :)

makan malam pake sate ayam yang beli di deket rumah. Jenis makanan yang ribet kudu bakar2 macem ini tentu saja kita serahkan pada tukang sate dari madura itu saja ya sayang..๐Ÿ™‚

Terus gimana dengan resep warisan? Beberapa teman (laki-laki) saya mengaku menyuruh istri-nya untuk belajar caranya masak ke ibu mereka karena konon katanya nggak ada yang bisa ngalahin nikmatnya masakan ibu.ย  Terdengar sentimentil? Iya lah. Dan nggak apa-apa. Karena menurut saya, masakan Ibu itu kan emang bukan melulu makanan yang masuk ke mulut doang. Ada tetesan cinta yang sentimentil di setiap butir masakannya…. *mulai berlebihan*๐Ÿ™‚ Jadi jangan tersinggung dong, kalo kita disuruh suami belajar masak ke ibu mertua. Itu tandanya suami percaya kita bisa masak se-enak ibu mereka, cyiiinnn…!๐Ÿ™‚

Dan, meskipun Baginda Raja tak pernah meminta, -entah karena beliau cukup mengerti kerempongan saya, entah karena khawatir saya bakal ngambek๐Ÿ˜† – saya dengan suka hati belajar caranya masak udang dengan resep ibu mertua, juga masak tahuย  cabe ijo yang jadi favorit beliau kalo pulang ke Cirebon. Eng… ada juga sih, sop dengkil. Tapi… maaf lah Mas, aku cinta mati padamu sih, tapi… ngebayangin ada kaki kambing di panci-ku kok rasanya langsung merinding ini bulu kuduk…. hahaha…

Saya bercita-cita, suatu hari nanti *entah kapan* Andro dan Amartha juga akan membanggakan masakan saya, di depan istri-istri mereka. Catet: bangga ya, bukan pamer apalagi membanding-bandingkan. Eh, cita-cita mulia kan, ini? Jadi.. bisa minta aamiin?๐Ÿ™‚

126 thoughts on “Soal (latihan) memasak

  1. AMINNNNNNN………

    hahahaha sama mba, aku jg ga suka kambing.. eh ini mksdnya aku bnr2 ga suka makan kambing, apalagi masak kambing. Dirumah, aku sampe mengharamkan lho masak kambing, misalnya beli sop kambing, yaudah makan smpe abis aja suamiku, ga ada istilah kebanyakan trs diangetin, beuhhh.. ga dehhh.. bs2 aku munti2 krn bau kambing.. lebay emang aku hehehe

  2. Amin dulu lah ya ini … trus mulai komen:
    1. Itu sop apa ya mbak? dengkul apa dengkil ???
    2. Bang Andro, klo ga mau macaroni nya sini buat tante aja. Atau biar buat Om aja deh, karena buat ayahnya Khalila makanan yang ada cuma enak dan enak banget
    3. Mari mengucap syukur yang banyak, karena sama2 punya suami yang ga rewel soal masakan dan makanan (ga rewel karena klo di-complain dikit chef-nya pundung ribuan menit)
    4. Aku juga pengen banget itu nanti anak2 telpon bilang kangen sama masakan Bunda

    • 1. kalo nggak salah dengkil itu kaki kambing dek. Lah aku tak tahu pasti, pening pun walo baru liat sekilas… hahaha…
      2. Hahaha, si om Irfan aman dong ya, segala bisa masuk mulut..๐Ÿ˜€
      3. *pukpuk para suami* —-> nasibmu, Leeee….!๐Ÿ˜†
      4. aamiin, semoga nanti jadi kenyataan.๐Ÿ™‚

  3. Huaaaa maaaap……. tidak bermaksud membuatmu mewek di bawah meja setrikaan ketika membandingkan dirimu yg masih sanggup nyetrika baju anak2 dg tangan sendiri, dengan aku yang dg senang hati menyerahkan baju2 utk disetrika pd si teteh atau pd laundry kiloan (dan merem saja dengan hasilnya :))…. sini sini peluuk… *lap2 air mata
    Kebetulan aku sukaa masak… meramu aneka bahan mentah menjadi suatu hidangan, mencoba berkreasi dengan bahan makanan baru, mencoba resep masakan baru… itu rasanya mungkin sama dengan puasnya dirimu melihat segunung baju kusut berubah menjadi setumpuk baju terlipat tersetrika rapi๐Ÿ˜€
    Tentang suami yg rikues masakan spt masakan mertua, dulu itu suamiku minta dimasakin sayur kacang merah pake iga. Bisa? Bisa. Kujawab dg yakin. Pas udah mateng… bukaaan… bukan kaya gini rasanya.. katanya. Besok lagi coba lagi, salah lagi… sampe bbrp kali. Ternyataaa… mertuaku (& org sunda pd umumnya) masak kacang merah disayur asem. Sementara aku, wong magelang (di mana ada kuliner terkenal ‘sop senerek bu atmo’), kacang merah dan iga itu ya disop… hahaha gak nyambung….
    Ayoo semangat jeng… mbakmu ini siap dibbm ato diwazap kapan pun ditanya bumbu deeh kalo mau belajar masak… asal jangan bumbu sop kaki kambing haha.. itu sih nanya pak kumis yg di sekelimus yg sopnya endeeeuss itu๐Ÿ™‚

    • hihihi, tak apa-apa lah mbaaakkkk…
      bener kata mak sondang, walopun nendanggggg tapi kata2 mbak Tituk bener banget…
      yang aku salut dari baginda raja adalah beliau nggak pernah sekalipun minta dimasakin apaaaa gitu, mbak. Padahal itu kalo pulkam banyaaakkkk mintanya ke si bumer. Hahaha, rapelan nih yeeee….๐Ÿ˜†

  4. Eh Baginda… saya memilih untuk berbeda deh sama bapak-bapak yang minta istrinya belajar resep masakan ke ibu mereka. Saya milih belajar sendiri. Buahahaha. Karena entah kenapa rasanya kok ya pengen masak sendiri dan ngasih ke istri dan anak buat dimakan. Lebih suka masak sendiri daripada dimasakin padahalan istri jauh lebih berbakat. Huahahaha.

    Pernah nih Bul masakin masakan untuk pertama kalinya dan rasanya itu enak bener, tapi gak tega lihat istri sibuk di dapur sementara sudah capek kerja dan ngurus anak. Jadi saya coba dong lain kali bikin masakan yang sama dan padahal saya dah pernah bikin eh rasanya gak nendang. Hahaha.

    Kalo soal anak banggain masakan emaknya sih sudah hampir pasti kejadian, tapi sayah kompetitip. Pengen dibanggakan juga. :))

    • ehhh… ini bapak-bapak idola… rajin masak sendiri๐Ÿ™‚
      tapi banyak lho bapak-bapak yang lebih jago masak daripada istrinya.. suwami saya juga kalo bikin sambel terasi ato sambel tomat wuidddiihh… bikin nagih! sementara saya ngulek biasanya suka sambil manyun hihhihi.. abis pegel kali tangan ini…

    • mantaphhhh kali lah pak dani iniiiii…. Pantes disayang istri..๐Ÿ™‚
      Nah, spesies suami yang pengertian sama kesibukan+kerempongan kerja ini nih, yang kudu ditambah di dunia ini. Biar aman tentrem semuanyaaaa…๐Ÿ˜€
      Eh, tunggu 2-3 tahun lagi, Aaqil udah pasti jadi juri nomor wahid yang keabsahan penilaiannya tak diragukan lagi. Hahaha..

  5. nyaw…
    sama gak bisa masak rumahan, tapi someday pengeeeen banget.
    minimal, masakannya ibuku mbak hehehe
    so far dipercayanya paling yg pasti2 aja, macem dessert gitu, pastel tutup, lasagna yg gak enak-enak banget tapi lumayan lah itu pake setengah kg daging cincang khan yes..pasta-pastaan, cordon bleu, cingcay laah.
    tapi kalo kayak opor ayam, gudeg, sambil goreng krecek, lodeh… *ilang sinyal*

    soon. SOON!๐Ÿ˜€

  6. hohoooyyy toss dulu doooong sesama ibu-ibu malas masak.. eh, ga bisa masak๐Ÿ˜›
    saya juga termasuk salah satunya kok, soalnya kan ibu saya mah jago masak, jago jait baju, jago nanem-nanem bunga, pokonya istri binangkit lah.. sampe bikin baso sendiri juga bisa… naaaahhh karenanya saya merasa agak terintimidasi (atau emang pemalesan ya???) kalo mesti masak segala, karena biasanya rasanya beda jauuuuuuuhhh banget.. beda tangan euy..

    waktu di jakarta karena kepepet jadilah sesekali masak, terutama waktu bikin mpasi si kunyil yang ga perlu pake gula garem.. cincaaayyy… tapi begitu pindah ke bandung ya urusan masak serahkan pada ahlinya๐Ÿ˜› saya tinggal makan aja.. begitupun si kunyil yang lebih suka makan masakan neneknya daripada masakan sayaaaa.. T.T

    • hiyaaahhh, ini kalo benchmarknya setinggi si ibu mah bisa pening beneran kita ya, Pit… Binangkit beneran itu mah. hahaha….
      Eh, yuk ayuk kita belajar masak yuk. Mending telat belajar daripada nggak bisa sama sekali, kaaannn?๐Ÿ˜€

  7. Mehehehe… nyerah deh kalo soal masak. Maksudnya, ekke sih masak weekday selalu, cuma kalo udah masak aneh-aneh ga suka. Kadang eksperimen juga sih, dan sering berhasil juga sebenernya. Cuma ya itu dasarnya gasuka aktifitas masak, apalagi bagian nyuci perlatannya sama nyuci bahan-bahannya. Ato ngolesin mentega di loyang trus dilapisin trigu itu…Halaah… males kaliii akuu… enaknya sih punya art kalo masak tinggal sreng sreng doang gausa beberes. Hehehe *ini kok malah ikutan curhat* *minta ditoyor* :p

    • samaaaa, Miiiii. Bagian nyuci bekas peralatan tempur sama bebersih dapur itu emang malesiiinnn. Lah jaman ada ART sih enak, tinggal tunjuk2 doang. Sekarang? Mau kasih tunjuk ke baginda raja? Ditoyor pake ulekan, dong. hahaha….

  8. Amiiiiiiiiiinnn…
    Katanya sih emang gitu mbak belajar masak sama ibu itu paling bener. Ahhh aku juga sekarang masih belajar2 masak kok. Tapi malah jarang belajar masak2 makanan rumahan, seringnya kue sama cemilan2 hahaha.. So far sih kata suami enak2 aja, yang penting kalau belajar masak banyak latihannya mbak๐Ÿ˜€

  9. ku gak bisa masak bu. Dan disini ga ada warpad dan warteg. TRUS AKU HARUS GIMANAAAA๐Ÿ˜† yakelles ngapain bingung. Kan udah sangu bumbu Bamboe seabreg dr Surabaya hihihi

  10. Ahahahaaaa samaaaa aku baru tau kemiri itu ada di dunia di thn 2007 uhuuuy. I don’t like cooking too, tapi apa sih yg nggak buat suami dan anak yg tdak menuntut itu selama ada resep maka memasak ibarat parkir sesempit apapun tak perlu kuatir slama ada tukang parkir yes. Tp kalimat mbak tituk memang nendang sih ahahahaaaa langsung kebayang dirimu yg blg gak sempet masak tapi selaluuuu sempet cuci dan setrika sendiri *ikutan meluk mumpung pagi ni mandi*

  11. aamiin mbak!!
    wah baca tulisan ini, aku kayaknya harus segera belajar masak ya. Biar kalau udah nikah bisa masak dengan baik dan benar. Btw akupun masih susah membedakan bumbu dapur. Ngupas bawang aja suka sambil nangis mbak๐Ÿ˜€

      • iya mbak,,ini mulai sengaja ke dapur buat belajar sama mama๐Ÿ˜€

        iyaaa,,,ga bawang merah, ga bawang bombay, aku pasti brebes mili pas ngupas atau motongnya๐Ÿ˜€

  12. aamiin… akuh juga bersedia koook diwasap kalo mbak Fit mau tanya2 bumbu. tanya bumbu aja kaaan bukan tanya hasilnya gimana hihihi…
    mbaaak, aku juga waktu perawan gak pernaaah disuruh nyentuh peralatan dapur sama mamaku, eeeh begitu merit ya mo gak mo WAJIB belajar masak. mau beli terus? tengah bulan udah cengo aja kali keabisan modal :p
    semangat mbaaak… ayo beli pasta maker! *eh

    • hahahaha… berani ditanyain resep, nggak berani jamin hasilnya ya, mbaaakkk…๐Ÿ˜€
      Ihiiyyyy, kebayang ya kalo mbak Puji nggak rajin masak. Itu 5 kepala di rumah dikasih makanan beli mulu, bocooorrrr ATM pak suami. Hahaha…
      Aduh, pasta maker aku pinjem darimu aja, deh. Yah?๐Ÿ˜›

  13. Aaaamiiin!

    Aku akrab sama dapur juga setelah nikah, dulu2 jaman masih gadis mana sudi kalo gak terpaksa banget. Terpaksa kudu ambil piring buat makan dan cuci piring, hihi. Tapi yaa smp skrg pun tetap masih dlm level standar, krn (buatku) memasak itu butuh mood yg baik. Memang beda masakan yang dibikin dengan cinta sama pas lg gak mood loh hehe, perasaan gak seenak pas lg niat menggebu masak. Semangaat yaaa (latihan) memasaknyaaa! *joged pompom*

  14. uhuukkk…situ nyindir saya ya….yang juga bisa ngebedain ketumbar sama merica antara tahun 2008 an. Padahalkan merica kan yang bikin belanda belanda itu datang ke endonesia berabad abad tahun yll…. ๐Ÿ™‚ . Aku lebih sering beli terus tinggal ngangetin doang,abis diitung 2 kenapa jatuhnya lebih hemat beli ya…. *ada aja alasan kalau mau ngelesss* bhahahaha. Jadi kapan nih pamer masakan di blog

    • huahahaha, bukaannn. Ini lagi nyindir diri sendiri, tahuuuu…!๐Ÿ˜†
      Ihiiyyy, pamer masakan kayaknya nggak mungkin, deh. Soalnya buatku masakan itu buat dimakan sih, bukan buat difoto. >>> bilang aja nggak PD pamer2. hahaha…

  15. Hahaha anak-anak yang jujur ya Fit, walaupun kadang jujur menyakitkan.
    Yang dijual mamang keliling tuh lebih enak karena penyedap rasanya banyak banget, habis makan bikin haus melulu itu yg anak2 belum tahu๐Ÿ˜€ .

    • nah, itu dia mbak Nel. Makanya kubilang, kalo mau ngenalin makanan jenis baru, cekokin dulu deh sama bikinan sendiri. Soalnya begitu dapet dari yg jual, rasanya kan bias antara enak sama kebanyakan vetsin, yaaa…๐Ÿ™‚

  16. amin…
    walaupun gak suka, tetep masakin buat keluarga ya. hehehe. jadi inget nyokap gua tuh suka bikin bistik lidah yang mana adalah one of my favorites. kita semua suka dah makan bistik lidah. sampe pas udah rada gede gua baru merhatiin ternyata nyokap gua gak pernah ikutan makan kalo dia masak bistik lidah. pas gua tanya, ternyata dia kagak suka lidah lho! lha kalo gitu kenapa masak bistik lidah? yah katanya karena kita semua suka… awwww…๐Ÿ˜€

  17. jujur emang enak masak dirumah, alhamdulilah akusedikit berbakat masak, hanya saja rasa malas jauh lebih besar. karena kita cuma berdua di rumah jadi lebih hemat jajan. paling masaknya kalau aku libur aja….

  18. amiiiiin yang kenceeeng :D….saya bukan orang yang demen-demen banget masak juga mba, tapi ternyata setelah ‘terpaksa’ harus terjun di dapur malah keenakan hehehe…biasanya masakanku rasanya okeeeh, tapi tampangnya ngg karuan hihihi…well, senengnya di blog sekarang banyak contekan…dan once kalau tinggal di luar Indonesia yang susah nyari abang-abang somay or bakso or sate et ketoprak (tidaaaak), paling tidak bisa survive di rumah ngg kelaperan hehehe…happy cooking yaaah #eeeh..

    • hihihi, makasiiihhh ya mbak Indah..๐Ÿ™‚
      Eh, emang ya, suka amazed itu liat temen2 yang kok bisaaaa bikin combro di Jerman, bikin ketoprak dan sate di swedia. Ajiibbbb… yang di bandung bikin tempe bacem aja gagal muluuuu…! *curhat* hahaha….

  19. Gw sih ga buta-buta banget urusan dapur, kalopun ga kenal bumbu kan bisa tanya sama tukangnya hihihihii.
    Tapii emang kepuasannya beda sih kalo suami dan anak pas diajak makan diluar dan komentar ” enakan masakan mamah deh” aku melayaaanggg..
    Dan kebetulan aku sealiran sama mba tituk, kalo nyetrika nyerah deh, ku tak sanggup kakaa..
    Amiin mbak, semoga jerih payahmu sekarang berbuah manis dimasa depan.

    • aamiin. aamiin. makasih ya, Mpok…๐Ÿ™‚
      benerrrrr… melayang yes, kalo dibilang masakan kita lebih enak dibanding masakan di tempat makan ituh. Eng.. masih suka tak yakin sih, itu ngomong beneran apa cuma basa-basi, hahaha…

  20. Ibuku jg ga pernah nyuruh nyuci, belajar masak dsb kok. Makanya bapakku heran aku minta kawin umur 22 :p. Tapiii, suatu ketika aku masakin buat bapakku dan katanya enak (bilangnya ke ibuku), aku langsung merasa jadi chef paling hebat di dunia. Tetep semangat mbak!

  21. Duhhb aku nihhb sipemalas masakkkk….
    Mengandalkan mbak.kayaknya emang nunngu ARTless deh pasti aku erlatih sendiri ama sikon. Okeh okeh…ga usah banyak alesan jo!yukkk kedapur….

  22. aq bersyukur punya suami yg ga nuntut aq untuk bisa masak..hahaha padahal dr kecil udah sering bgt diajakin masuk dapur sama ibu secara ibuku kan ibu rumah tangga yg kerasan bgt di dapur, jago masak dan bikin kue..kl ditanya caranya aq pasti bisa krn inget dl bikin sm ibu tp jgn tanya bumbu dan resepnya, ampuuuun ๐Ÿ™‚
    wiken, masak dan suami + anak2 lahap makan hasil masakan kita itu rasanya sesuatu ya mbak…

    • naaahhh. Samaaa, Ra. Aku juga pengen nih, ngajakin Aura nge-dapur, biar nantinya dia seneng masak, nggak kayak emaknya. Eh, tapi pegimana caranya ngajakin si anak wedok, coba. Lah emaknya aja jaraaaanggg nge dapur, Hahaha…
      benerrrr, kalo kita masak anak2 dan suami doyan makannya, rasanya senaaangg! Nah kalo nggak laku, langsung deh cemberut, hahaha…

  23. Amiiiiiiin๐Ÿ™‚

    Akupun baru ‘temenan’ sama dapur pas punya anak, karena sok kepengen bikin MPASI sendiri๐Ÿ˜› . Masak itu klo kepepet ajaah aaaah… klo engga masih bisa disub con kan yaaaah๐Ÿ˜†

  24. kalo untuk masak-memasak ini, bolehlah aku agak sombong dikit mbaaa.. karena memang hobby masak sih, jadi sebelum nikah pun udah lumayanan gitu. abis nikah, alhamdulillah teruji dan terbukti. 4 bulan nikah, pak suami naik 10 kilo aja dong.. yuk mareeee.. kemudian dapet salam dari SEMUA baju kantor dan seragam yag kekecilan๐Ÿ˜€
    yang paling peer buat aku tuh malah setrika mbak.. kutak sanggup menghadapi kenyataan setrikaan yang menggunung dan membukit. alhamdulillah nya, pak suami dengan sukarela mau bantuin setrika. dan setrikaannya pun lebih litjin dari setrikaan by istri. suamiku IRONMAN, mbak!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    • waaaaahhh, epiiiccc itu suami sampe naik 10 kilo. Bahagiaaa yaaaa… hahaha….
      hahaha, ironman? akuh ngakakkkkk….!
      baginda raja malah kebalikannya. Beliau dengan rela hati bantuin di dapur, bahkan yang namanya ngedadar kulit risoles SATU-SATU, beliau jagoooo dan seneng. Begitu soal setrikaan: langsung melipir. Huh, nggak asyik kamyuh, maaaassss…!๐Ÿ˜†

  25. huahahaha…untungnya ara ga pernah bilang kaya andro mba.. gimanapun rasanya masakanku, dia selalu bilang, masakan bunda paling enak.. suami juga begitu. gak pernah protes, tiap masak ya abis-abis aja..

  26. Dulunya saya juga nggak bisa masak mba fit *sekarang manggil mba* huahahaha … :p
    akhirnya bisa dan lebih sering di dapur karena mama pulang seminggu sekali dan bapak juga sudah tiada, jadi otomatis urusan rumah tangga dan dapur saya yang pegang kendali hehehe ..

    dan dulu itu cuma bantu2 nyiangi bumbu dasar saja, dan cuci piring sambil memperhatikan mama cara memasak juga, mama juga nggak pernah nyuruh saya untuk belajar masak, kata mama nanti juga bisa sendiri, eh bener juga kata mama. saya bisa juga masak hehehe dan rasanya lumayan nampol di lidah mama dan adik saya๐Ÿ™‚

    tapiiiiii… kelemahan saya, saya nggak bisa masak yang berbahan dasar santan karena di keluarga kami juga nggak suka makanan bersantan๐Ÿ™‚ dan nggak bisa bikin kueeee hiks, padahal pengen bangeet bisa bikin kue huhuhu *elap tissu*

    • iiihhh, kok nggak panggil baginda lagi, siiihhh? *gila hormat*๐Ÿ˜†
      Eh, bagus juga loh nggak suka yang bersantan, Syif. Setidaknya nggak terlalu banyak kolesterol yg masuk ke badan. Hihihi…
      mamamu baik ya, nggak nyuruh2 tapi langsung ngasih contoh nyata. Soal masak ini kayaknya perempuan udah kebagi di dua kubu, deh. Yang jago masak makanan rumah sama yang jago baking bikin kue sama dessert. Pertanyaannya: akan masuk ke golongan yang manakah aku ini…? Jangan2 bukan keduanya. hahaha…

  27. toss ah sesama bukan pemasak!! *ga bisa masak kok bangga*
    di rumahku yg niat masak sendiri itu suamiku mbak. mungkin krn di rumah dia slalu liat ibunya masak setiap hari. kalo aku karena ibuku jarang bgt msak jd ya aku ga suka masak. tp begitu menikah dan diitung2 makan di luar itu lbh boros dan repot akhirnya kita usahain lbh sering masak terutama buat pagi n buat anak.
    tp ada pembagiannya, suami sayur, istri lauk. goreng2 kan lbh gampang drpd numis haha *istri curang*

    • toss, Li.. iya lah, jangan bangga sama kelebihan aja, kekurangan pun kudu banget dibanggain. Muahaha…
      ihihihi, bukan curang dong. Itu pembagian tugas yang adil, kalo pinjem istilah mak sondang.๐Ÿ™‚

  28. AMIIINNNNNNN
    Cita-cita yang sangat mulia mb Fit ^_^…. sini aku peluk dulu deh… masih kepikiran terus kata-kata mbak Tituk ya?? Ntar kalo tanyanya sama aku, yang paling males nyapu ma ngepel, pasti jawabanku.. ntar anak-anak gede gak akan keinget kalo dulu ibunya rajin nyapu dan ngepel kok, hihihihii.
    Good luck deh … KITA PASTI BISA KALO MAU BERUSAHA…. semangatttt ya….

    • huhuhu, iya tuh mbak Tituk mah kejaaammmm…. nggak asyiiikkk! *meletin lidah ke mbak tituk terus merapat ke mbak Ika*๐Ÿ˜†
      Mbak, samaaaa.. aku juga paling maleeesss nyapu sama ngepel. Kerjaan domestik yg masih bisa kunikmati itu cuma cuci setrika. Hihihi….
      Iyes, kudu semangat. Demi yang tersayang. Makasih ya mbak Ikaaaa…๐Ÿ™‚

  29. aku juga ga pinter2 amat masak, lha wong kata temen si rina sih klo disuruh masak indomie bisa eeh pas disuruh masak supermi bingung… bwaaahahaaha….. di rumah yg jadi korban masakan ala kadarnya yaa suami, tapi alhamdulillah selalu habis, entah karena emang enak, lapar atau ga ada makanan lagi yg lain…. hihihi….

    • muahahaha, aku ngakakkkk mbak Rin. Lempar aja tuh temennya, pake kardus supermie. hahaha…
      Kayaknya, apapun yg kita masak, separah apapun masaknya, suami bakal makan-makan aja kali ya mbak Rin. Eng.. antara nggak tega kalo mencela sama takut menyakiti hati estri gitu deh, kalo mau bilang nggak enak. Muahaha…

  30. mba fiittt,akyuu pun tak bisa dan tak suka masaakk.. krn ntar kenapa aku ko geuleuh ya liat bumbu2 masak kyk cabe, bawang gitu.. dulu sih jaman perawan selalu alesan, ntar kalo udh nikah jg jiwa wanitanya keluar trus bisa masak deh.. awal2 nikah sih aku rajin masak walaupun ala kadarnya, yah daripada makan angin.. terus jadi jago masak?? oh tentu tidaaakk.. karena akhirnya punya ART yang bisa masak, jadi aku males lagi deh.. hahaha.. kalo suamiku sih ga pernah nuntut aku harus masak gitu,yg penting ya ada makanan, mau itu masak sendiri, ART yg masak, beli d warteg, kiriman dari bandung, beli dr resto padang dll tak masalaahh, asal ada makanan.. hihihi.. tapi aku suka bikin camilan2 gitu,kyk puding, pancake.. pengen sih jago masak trus d bawa bekel suami+anak2 biar hemat, tapi ntar kenapa setan malas susah sekali dibunuh.. hahahaha.. alesan banget yaaa..

    • Fik, punya ART yang jago masak itu sebenernya bisa diartikan 2 hal: berkah, sekaligus kutukan. Berkah karena kita tinggal tunjuk pengen makan apa, taraaaa… langsung ada (dan enak!). Kutukan, karena kalo kita nggak segera belajar, ya makin nggak bisa sama urusan dapur ini. Masak itu sama kayak nyetir. Kudu banyak latihan. Nubruk, nyerempet, SESEKALI pasti dimaklumi. Masakan keasinan, kepedesan, kemanisan, suami juga pasti maklum. Sesekali, ya. Jangan seterusnya. Hahaha.
      Yuk latihan masak, ah. Aku ngebet banget nih pengen ngebekelin Baginda Raja sama A3 sama masakanku.๐Ÿ™‚

      • betul tul tul mbaaaa.. Ayoo SEMANGUUTT.. kalo orang lain bisa kita pasti bisa kan ya mbaa.. hush hush pergi jauuhh setan malassss.. :p

  31. amiiiiiin๐Ÿ˜€

    Sekarang kan ada google, mbaaak๐Ÿ˜› Tapi ya gitu deh, masakannya jadi gak ada standar. Kadang enak banget kadang ya gituuu laaah :)))

  32. AAMIIN.. masak lagi? lagi masak? selama masih bisa kompromi sama anak dan suami mau masak ato belik Insyaalloh ga terlalu pengaruh buat kita yang memang ga suka masak๐Ÿ˜€

  33. Ayo mbak Fit semangat belajar masak. Aku juga lagi semangat hehehee…soalnya happy banget ternyata rasanya kalau Suami dan Papa suka masakan kita. Beneran. Berasa membuncah gitu.๐Ÿ™‚
    Pasti bisa. Kalau kata mertuaku, selama ada niat di masa teknologi sekarang – yg resep gampang digoogling – mah pasti bisa bikin masakan enak. :*

  34. Masak itu berhubungan sama the power of kefefet, Fitriiiiii…..
    Aku yang nggak bisa masak nikah sama si babeh yang dulunya pernah punya warung nasi. Mana dia itu bawel banget urusan makan. Jadi awal-awal nikah dulu dia yang ngajarin aku masak.
    Untungnya ibu mertuaku udah nggak ada, jadi beliau nggak tahu bahwa anaknya pernah menderita banget dikasih makan keasinan melulu sama bininya…. hahahahaaa….

    • hahahaha, Teh Nopiiii.. ngakak baca kalimat terakhir. Aih, si babeh.. nasibmu dulu, malang niaaannn…!๐Ÿ˜†
      Aduh, kalo punya warung nasi udah pasti masakan ibu mertua enak ya. Dan anaknya pastiiii pengen estrinya juga masak se-enak ibunya. Minimal. Hahaha…
      eh tapi sekarang teh Nopi pasti udah canggih dong ya, di dapur…๐Ÿ™‚

      • Eh, yang punya warung nasi itu si babeh bukan ibu mertua. Kebayang nggak ngerjain dua-duanya antara bengkel dan warung nasi? Aku suka godain, jangan-jangan di sayur asemnya ada baut kecemplung. Atau timah solder nyampur sama bumbu ayam goreng….. hihihiii…
        Akhirnya mah tetep kan harus salah satu yang menang. Dan bengkelnya yang menang. Warung nasinya ditutup.

  35. Ahh mba Fit kalah ma py, py doong kelas 3 SD dah masuk dapur buat masak nasi ma air.. hahaha.. Entah mau bangga udah bisa, atau malu krn punya Opa Oma yang tegaan..๐Ÿ˜€ Pasti bisalah mba Fit.. Bener kok, masakan rumah emang beda dari masakan di resto ternama manapun๐Ÿ˜€ Ehh tapi kalo Union sih emang lebih enak deng,,,hahaha :p

    • Py, aku belum pernah nyobain Union, euy.
      Eh, tapi bener banget ya. Masakan rumahan itu tak tergantikan. Mau makan steak semahal apapun di mana kek, tempe goreng dan kangkung pedes itu.. still the best!๐Ÿ™‚

  36. hai mba fitri, salam kenal. Saya silent reader selama ini,hehe
    gara2 postingan mba, saya jd pgn komen. Sama bgt mba sama saya yg dlu msh gadis jarang bgt ke dapur. Eh pas nikah kaget jg krna ya harus nyiapin makanan bt suami. Dan karena suami suka bgt masakan ibunya akhirnya saya disuruh belajar ma ibu mertua. Alhamdulillah udah setahun ini (secara tinggal dg mertua) saya udh lumayan bisa masak yg mudah2, hehe
    ayoo semangat mbak fit,,pasti mbak fit bisa jago masak๐Ÿ™‚

    • Hai, Yui… Salam kenal juga ya.๐Ÿ™‚
      Nah, bener banget itu. Selagi masih tinggal bareng sama mertua, musti banget itu ilmunya bumer diserap habisssss tak bersisa, jadi kalo one day kalian tinggal misah terus pak suami kangen masakan ibunya, Yui tinggal bilang: siaappppp! Sini, kumasakiiinnn…!๐Ÿ™‚
      Makasih ya, ini emang lagi semangat bener masak nih…๐Ÿ˜€

  37. huahaha…love this post. aku banget. sampe skrg aku jg ga bisa akrab dengan dapur. awal nikah aja suami kukasih nugget mulu sampe dia kena darah tinggi *ampun.

    tapi skrg mulai belajar dikit-dikit. minimal bisa dulu, ga usah sampe tahap pro. cita-citanya sama, biar haziq klo kuliah di luar negeri sana (aamiin) tetep kangen dengan bunda dan masakannya. aamiin Ya Allah. mudahkanlah cita-cita mulia hamba *sambil mentengin blog jtt

    • hahaha, Viviiii… kebangetan ih, kasih nugget mulu sampe darah tinggi. Ini prihatin tapi kok ya aku ngakak ya… hahaha…
      Aamiin… doanya kuamini sepenuh hati, loh. Haziq, sekolah yang pinter ya. Biar nanti bisa kuliah di luar negeri dan kangen sama masakan bunda….๐Ÿ™‚

  38. Amiiiinna…akupun bercita2 dari sebelum menikah suami dan anak2 akan selaku kangen masakan bundanya hehehehe…kalau aku mah emang hobi masak dan suami sangat mengerti itu jadi urusan dapur dia tak mau menggugat. Hehehhe tapi walaupun aku hobi masak belum bisa masak masakan variatif buat suami karena suamiku picky eater jd yah itu2 aja dan cuna suka masakan indonesia yg ssh masaknya pdhl masak macaroni schotel steak dan piza jauuh leb Ih gampang dibanding masak rendang atau acar ikan heheheh..

    Nah mertuaku kalau ditanya resep masakan jawabnya yah cuma gitu aja kok resepnya ini itu tp ttp aku yg bkn rasanya beda bln dpt nilai oke dr suami hehehhe.jadi kalau suamiku mau makanan kesukaannya yg khas mamanya masak aku lgs telp aja minta masakin heheheh

    • benerrr mbak Resna. Bikin masakan Indo ini kok kerasa lebih berat ya. Musti kupas ini itu, ulek ini itu, belum lagi kalo udah beres masak ampyuuunnn itu peralatan tempurnya banyak benerrr yg kudu dicuci. Hahaha…
      Eh, enak amaatttt tinggal deket mama mertua. Kangen masakan tinggal telpon ntar dianterin/diambil. Akuh juga mauuuuu….!๐Ÿ˜€

  39. Salam kenal mbak!

    Ah sama banget ini.. tiap kali punya niat mengakrabkan diri sama dapur ujung ujungnya cuma jadi bikin ager ager karena ga repot.. ;p

    Suami juga udah sering kasi kode kode supaya eike masak jg sih.. ntr mungkin ya pas babyku lahir.. *alasan* hihi

    • hai, Raras. Salam kenal juga…
      Iiihh, ager2 itu emang yang paling gampil ya. Tinggal aduk2, masukin cetakan, masukin kulkas, jadi deh. Dan anak2ku semua suka.๐Ÿ™‚
      EH, lagi hamil ya? Semoga sehat terus sampe lahiran, trus lanjuuutttt masak buat suami..๐Ÿ˜€

  40. ce’mumuuun mbak fiiit.
    dulu aku malah gak bs bedain mana kencur mana lengkuas. mana bayem mana kangkung…alhamdulillah skrng udah tau perbedaannya. hihihihii….kalo kata uud, bisa karna biasa..ahhheeeey ^^

  41. Aamiin…

    Aku sekadar bias aja sih mbak Fit masak, ngga jago dan menunya pun yg biasa aja ga aneh2. Dan, almarhumah ibunya akang suami konon ga suka masak dan selalu beli di warteg, jadi kadang masakanku terkalahkan sm menu warteg, sakit hati akuh! hahahahaha

  42. pertama tama…aamiin buat doamu fit…hihihi, aku salah satu yang setengah mati belajar masak makanan kesukaan suami dari ibunya, secara waktu awal awal nikah mah masih dimaafkan cuma masak aer ama mi instan doang, begitu punya anak…dan akhirnya tinggal barengan sekota *yess disini si pasangan LDR tea pan๐Ÿ˜€ * tuntutan mau makan masakan rumahan semakin tinggi dan semakin sering keluar rikues..masakin soto kayak mama dong…masak semur kayak mama ya…hadeeuuhh…makanya sejak saat itu sayah bertekad, musti masakin buat anak anak biar ntar mereka begitu juga ama istrinya…hahahhaa *emak posesiP*

  43. Salam kenal mba Fitri๐Ÿ™‚

    Soal memasak, ak juga selama mau 3 tahun menikah, keahlian masak masih minim, masih gelayutan sama ibu soalnya. Hahahahah.

    Salam buat A3 yaaa๐Ÿ™‚

    • halooo, salam kenal Rere…
      tahu nggak, aku suka mendadak minder deh sama yang baru nikah. Secara buntutku udah ada yang kelas 2 SD…๐Ÿ™‚
      Yuk ah kita latihan masak. Biar makin disayang suami dan anak! Thanks ya, Re. nanti salamnya disampein ke A3.๐Ÿ™‚

  44. aku suka masak stl beranak pinak mba fit, krn mesti bikinin mpasi rumahan buat si bayi2….klo pun masuk dapur juga bawa gadget kok, andalanya resep nyonya ostrali, bbrp resep udah diuji coba dan selalu laris manis krn takaran bumbunya pas!
    klo harian emang ada si embok yg masak di rumah, tp sering jg aku nambain lauk, misal olahan ayam (ayam teriyaki, ayam mentega, dll) /olahan daging (gadon, perkedel daging, bola2 semur dll), sama cemilan buat krucils, hampir tiap minggu masak macaroni schotel, ato yg gampil bikin pastel tutup (variasinya tinggal sesuain isi kulkas), klo muffin ato cake2 tyt anaku ga tll doyan, sukanya yg gurih *malah jadi curhat ngalor ngidul*

    Oya kmrin jg sempet ngintip ke kantin sekolah, dan terpana menunya kok sushi, kebab, sandwich, chicken katsu dll, harganya eng 8-10rban, trs uang sakunya berapaaa ituu ya? jadi makin semangat masakin bekel buat anak2 yg ky gt demi pengiritan๐Ÿ˜€

    Kiss A3 ah :* dari K3

    • nyonya ostraliyah itu emang kiblat semua tukang masak amatir kayaknya ya Di.๐Ÿ™‚
      Benerrrr sekarang jajanan di kantin sekolah krucil itu mahal2 ya…. kebayang berapa uang saku yg musti dikeluarin buat jajan K3 kalo semua-mua dibeli. huhuhu.
      Kiss balik buat K3 dari A3. Muuaaaacchhh!๐Ÿ˜€

  45. holaa…salam kenal yaak๐Ÿ™‚

    Yakiin aja mbak…ntr lama – lama juga bisa jago masaknya๐Ÿ™‚
    Aku dulu juga gitu, tamat sma aja masih ga tau kalo masak nasgor itu pake bawang putih & merah, taunya cuma kecap dan cabe doang..kebayangkan rasanya gimana :))….tapi sekarang Alhamdulillah masak yg lain juga bisa, walopun belon expert juga.

  46. ada masanya dimana gw rajin bawain bekal makan siang untuk suami. Suatu hari gak gw bawain, eh temen dia komentar “istri lo lagi marahan yah? kok tumben gak dibekalin?”

    sial hahahahaha

    gw aminkan fit, semoga makin lihai dan canggih di dapur.

  47. Mbak aku juga baru belajar masak setelah nikah ini. Dulu bisanya cuma masak2 cetek kayak tumis2 sayur gitu itu juga uda lama. Dan eh iya banget aku sebelum nikah ga pernah tau bedanya bentuk ketumbar sama lada. Hauahaha memalukaann.. Tapi aku yakin dirimu jg ntar pasti jagooah masalah masak memasak inii kiciik,hihihi

silakan tinggalkan komentar disini...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s