Oleh-oleh mudik: renungan

Saya masih jet lag pasca mudik kemaren. Ya iya, lah. Berangkat mudik ke Banjarnegara bermobil 15 jam lebih (dari normal waktu tempuh 8 jam jalan nyantai) lalu pulang dari Banjar kemaren hari Minggu jam setengah 5 sore, sukses sampe Bandung… hari Senin jam setengah 10 pagi (siang?) jadi perjalanan balik sekitar 16 jam-an sajah. ๐Ÿ˜ฆ Sampe rumah serasa udah jadi zombie, makanya langsung maksain tidur sekitar 2 jam (maaf ya, anak-anak. 2 jam lebih kalian ditemenin laptopย  demi supaya Ayah Ibu bisa mejamin mata sebentaaaarr saja). Bangun pas Dzuhur, langsung nyuapin the krucils makan siang pake… telor dadar doang (Haha, iya. Mana sempet belanja-belanja sayur apalagi masak. Masih bagus mereka nggak dikasih nugget ๐Ÿ˜† ) lalu bebersih rumah (yang debunya tebel benerrrrrr!! ), lanjut beberes cucian dan setrikaan yang menggunung dan bikin mata sepet -karena cepat ato lambat-mau nggak mau- musti dikerjain sendiri. Oleh-oleh yang dibawain ibu dan kakak-kakak saya bahkan sampe ini hari masih teronggok di pojokan dapur belum kesentuh sama sekali. Mana Selasa-nya udah mulai ngantor pula (saya cuma ngambil cuti sehari), boyong-boyong A3 karena seminggu ini daycare kan masih libur (untuuungg udah ada legalisasi untuk bawa anak ke kantor seminggu sebelum dan sesudah lebaran *cium basah logo kementerian tersayang yang mulai aware dengan problem klasik ibu-ibu pra-pasca Lebaran: pak Dirjen, aku terharu!*ย  ๐Ÿ™‚ )

Tapi tetep ya, aku capek! Oh ART, disaat seperti ini ku sungguh merindumu…. *gigit lap pel*

Anyway, cerita komplit soal mudik ke Banjar kemaren tunggu baginda ratu abal-abalย ini back on fire aja, ya. ๐Ÿ™‚

Saya lagi pengen curhat soal kejadian yang kami alami pas perjalanan balik Bandung kemaren. Buat yang belum pernah ngerasain mudik Lebaran lewat jalur darat, let me tell you something. Terlepas dari rasa senengnya, yang namanya mudik itu beneran HECTIC. Semuanya. Ya persiapannya, ya perjalanannya, ya orang-orangnya.

Jadi, karena saking banyaknya orang yang mudik ini, semua pomp bensin (dari yang kecil sampe yang gede), semua mesjid dan mushola (dari yang keliatan bersih sampe yang ‘kucel’), semua rumah makan (dari yang punya nama sampe warung pinggiran yang entah macem mana rasanya), pokoknya semua tempat yang bisa dijadikan tempat istirahat itu pasti full sama pemudik, apalagi di jam jam kritis macem jam makan dan jam sholat. Dan tingkat kepadatan dan kemacetan yang tumpah tindih itu sepertinya berpengaruh banyak pada tingkat kesabaran orang-orangnya. Saya pernah cerita tentang perilaku orang saat mengantri di postingan saya yang ini dan sungguh tak menyangka bakalan mengalaminya lagi.

1. Ibu-ibu yang tak sabaran

TKP: pomp bensin daerah Buntu, Cilacap.

Waktu:ย  sekitar jam 10 malem.

Kronologis:

Waktu saya sampe di toilet, sudah ada ibu-ibu dengan (mungkin) anak perempuannya yang sedang mengantri di depan pintu toilet yang cuma ada 2 biji. Saya nggak tahu ya, sudah berapa lama dia nunggu disitu, yang jelas begitu saya sampe situ, si ibu ini menggedor salah satu pintu toilet sambil (setengah) teriak: “cepetan dong, lagi mandi apa lagi tidur, sihhh..?” (ya ampun, mandi tengah malem…? Yang bener saja lah, Buuuu…! ) Lalu kedengeran suara dari dalem kamar mandi: “iya, sebentar..” Dan nggak lama nongol wajah seorang ibu muda MENGGENDONG BAYI dari balik pintu toilet sambil bilang pelan yang sepenangkapan saya sih: “tunggu sebentar lagi…” Sampe situ saya yang liat cuma bisa maklum. Yah, ibu-ibu bawa bayi di kamar mandi, mana bisa kita ngarepin dia 5 detik doang di dalemnya, kan? Eh, yang bikin hati saya langsung ilfil, si ibu yang tadi nggedor pintu itu teriak lagi: “ngantri iniiiii…!” Astaghfirullah…! ๐Ÿ˜ฆ

Saya juga bukan perempuan yang sabaran, ya. Tapi liat perempuan lain BAWA BAYI di dalam kamar mandi, rasa-rasanya kok saya nggak akan tega, komen macem-macem. Terlepas dari lama/enggaknya perempuan itu; terlepas dari kuat/nggak kuat-nya saya nahan hasrat buang hajat. Tetep, nggak tega saya komen macem-macem. Apa kabarnya, toleransi sesama perempuan…? Protes dikit masih boleh lah, tapi sepertinya cukup dilakukan dalam hati saja, deh.

Nggak lama kemudian, pintu toilet di sebelah kami terbuka, dan si ibu yang tadi nggedor pintu ini langsung masuk sambil ngomel-ngomel nggak jelas gitu. Emang nggak lama kemudian si ibu ini udah langsung keluar lagi (secepat kilat dia buang hajat itu rasa2nya cuman mau ngasih tahu orang-orang yang ngantri disitu: niiiihh, ke kamar mandi tuh harusnya secepat iniii…! ๐Ÿ˜† ) dan begitu keluar -langsung digantiin anak perempuan yang bareng dia ngantri tadi- masih sempat-sempatnya dia ngedumel lagi dengan suara kenceng bak ngomong di lapangan bola : “wong kamar mandi sebau itu kok ya masih ada, orang yang betah lama-lama di kamar mandi..???” dan saya tahu lah, kepada siapa kalimat ini ditujukan. Tak berapa lama kemudian, si ibu-anak perempuan itu pergi sambil teuteuppp ngomel-ngomel nggak jelas. Kita yang pada berdiri ngantri disitu cuma bisa saling pandang. Kikuk sih udah pasti, namanya juga denger orang ngomel nggak keruan begitu.

Nah, yang bikin kita makin kikuk adalah ketika si ibu muda yang tadi bawa bayi (dan diteriak2in itu) keluar dari toilet DAN diikuti seorang wanita tua dibelakangnya (yang kalo dari bahasa sunda yang saya denger dari percakapan mereka sih, ibunya). Astaghfirullah…. Jadi dari tadi mereka bertiga di dalam toilet? Bayangkan sendiri deh, ber-3 di dalam toilet dengan seorang bayi (BAYI, bukan BATITA) dan seorang ibu tua yang dari jalannya aja udah keliatan susah setengah mati. Sayang, si ibu tukang ngomel itu nggak pernah tahu, karena dia udah keburu pergi. Pengen liat deh, gimana raut mukanya pas liat mereka ber-3. Kira-kira, se-salting apa, ya? Eh, tapi jangan-jangan lempeng juga, nggak ngerasa bersalah ato apa…. *muka tembok*ย  ๐Ÿ˜†

2. (lagi-lagi) Ibu-ibu yang tak sabaran.

TKP: pomp bensin daerah Gentong Garut.

Waktu: jam setengah 5 pagi.

Kronologis:

Karena udah nggak kuat nahan ngantuk, akhirnya jam 02 dini hari saya dan Baginda Raja sepakat untuk istirahat dulu di salah satu pomp bensin di daerah Gentong Garut. Baginda Raja tidur di mushola, sementara saya jagain A3 dan (mencoba) tidur di dalam mobil. Lumayan, dua jam tidur tanpa gangguan. Nah, pas Adzan Shubuh, Andro bangun, dan…. ngompol, donggggg! Ya ampuuunnn…! Seumur-umur baru kali ini dia ngompol di dalam mobil. Emang sih, kemaren itu cuaca dingiiiiiinnnn banget, trus saya juga nggak tega bangunin dia untuk pipis karena keliatan pules banget tidurnya. Berhubung udah terlanjur basah, akhirnya dibawalah Andro ke kamar mandi sama bapaknya, sambil bawa handuk dan baju ganti karena kan musti ganti semua tuh sampe daleman-dalemannya. Nggak lama ketika mereka balik ke mobil, Baginda Raja cerita kalo pas mereka di kamar mandi itu pintu kamar mandi digedor-gedor sama (lagi-lagi!) ibu-ibu yang nggak sabaran. Ish! Saya yang cuma denger ceritanya aja ikutan esmoni. Buuuuu, kalo emang nggak penting-penting banget, siapa sih yang mau lama-lama di kamar mandi jam setengah 5 pagiiii…? Lagian Andro itu cuma dilap aja, karena bekas ompol kan najis, ya. Bukan dimandiin. Gila apa, mandiin anak kecil shubuh-shubuh pake air dingin….? Tapi kata Baginda Raja, ibu-ibu yang nggedor pintu itu masih tetep ngomel loh, liat yang keluar dari toilet bapak-bapak BAWA ANAK KECIL. Ya ampuuunnn, dimana naluri keibuanmu, wahai perempuan…? ๐Ÿ˜ฆ

Ah, saya cuma bisa ngelus dada.

Apa iya, ketika kepentingan pribadi berbenturan dengan kepentingan orang lain, SEMUA HAL yang dilakukan demi memuluskan kepentingan pribadi itu DIRASA menjadi wajar dan lumrah, meskipun itu menyakiti hati orang lain? Apa iya, sopan santun dan budaya ketimuran kita benar-benar sudah luntur terkena imbas majunya jaman? Apa iya, segala tindakan yang kita ambil sudah cukup di-logika-kan saja dan tak perlu mengindahkan sisi kemanusiaan?

Dan apa iya, sebagai manusia kita juga harus kehilangan nurani kita…? ๐Ÿ˜ฆ

Berhati-hatilah memperlakukan orang lain, karena cepat atau lambat, kita akan menuai apa yang kita tanam… *note to self*

ย